Satu Kaus Positif COVID-19 Berasal dari Wsima Atlet Olimpiade Tokyo 2020

By Nad

nusakini.com - Internasional - Satu kasus positif virus corona dikonfirmasi berasal dari Wisma Atlet untuk Olimpiade Tokyo, dimana ajang olahraga dunia ini akan segera diadakan hanya dalam hitungan 6 hari lagi.

CEO Tokyo 2020, Toshiro Muto mengabarkan pada hari Sabtu (17/7), seorang pekerja yang mengurus pertandingan dan berasal dari luar negeri mendapatkan hasil tes positif. Ia tidak mengungkapkan asal negara orang ini atas dasar kekhawatiran privasi.

Masa Takaya, juru bicara komite panitia Olimpiade mengatakan melalui konferensi pers bahwa kasus pertama di Wisma Atlet ini dilaporkan saat tes seleksi sedang dilakukan.

Orang yang mendapatkan hasil positif ini telah dikeluarkan dari Wisma yang akan ditinggali oleh ribuan atlet dan pendamping mereka saat pertandingan akan dimulai. Panitia telah menetapkan beberapa aturan ketat untuk mencegah infeksi virus di wisma tersebut.

Takaya menegaskan orang ini sudah diisolasi seorang diri di sebuah hotel.

Ketua panitia Olimpiade, Seiko Hashimoto menambahkan bahwa mereka akan melakukan segala hal untuk mencegah terjadinya lonjakan virus akibat Olimpiade. Ia juga mengatakan jika lonjakan terjadi, mereka pasti akan memiliki rencana untuk mengatasinya.

Pertandingan Olimpiade sebelumnya sudah ditunda selama setahun karena pandemi virus corona. Olimpiade dijadwalkan akan dibuka dengan upacara pembukaan pada tanggal 23 Juli dan akan diselenggarakan hingga tanggal 8 Agustus, kemudian Paralimpiade akan dilaksanakan.